Menggali Makna Ikrar Sumpah Pemuda


Kudus- Pelafalan Ikrar Sumpah Pemuda yang diucapkan oleh para pemuda pada waktu Selasa malam kemarin, 28/10 di Gedung DPD KNPI Kabupaten Kudus, tidak hanya sekedar ceremonial saja. Akan tetapi  Ikrar sumpah pemuda yang menjadi salah satu alat pemersatu bangsa memiliki makna dan amanat yang padat dan mendalam dari setiap kata yang membantuknya sehingga mampu menjadi sebuah kalimat yang memiliki struktur yang rapi.

Kata putra-putri merupakan bagian dari kata ulang atau reduplikasi yang mengalami perubahan yang disebut dengan kata ulang berubah bentuk. Kata ini melambangkan jenis manusia yang terdiri dalam laki-laki dan perempuan, sebagai bukti atau wujud persamaan hak dan kewajiban berdasarkan kedudukannya sebagai warga Indonesia yang seutuhnya. Kata ini menjadi pelepas belenggu yang pernah menyarati bangsa ini. Di mana perempuan pada awalnya tidak memiliki hak yang utuh seperti kaum laki-laki. Seiring dengan perkembangan zaman maka sepatutnyalah perempuan mendapatkan kembali haknya secara utuh sebagai makhluk tuhan yang sudah membawa takdir atas masing-masing dirinya. Menjadi bagian dari bangsa dan negara serta turut memberikan andil dalam setiap pelaksanaan pembangunan.

Tak kurang dengan makna kata Indonesia yang menjadi bagian dari sumpah pemuda. Indonesia merupakan kata yang tidak bisa ditinggalkan. Dari sinilah bisa ditemukan landasan dan kekuatan ikrar yang disampaikan. Tujuan dan naungan akan terpancar dari kata Indonesia yang melingkupinya. Indonesia merupakan bagian inti yang menjadi fokus dicetuskannya sumpah pemuda. Pengulangan kata Indonesia memberikan penegasan akan kedudukan indonesia sebagai salah satu bangsa yang diakui dan mempunyai kedaulatan penuh. Selain itu, Indonesia merupakan sebuah nama yang dilahirkan dari pemikiran dan jerih payah semua masyarakat untuk meraih dan memperebutkan kemerdekaan dari kaum penjajah. Sejarah yang menyimpan makna atau arti Indonesia yang sesungguhnya karena pada dasarnya setiap nama pasti memiliki makna, jika menemukan makna Indonesia secara khusus maka kita harus kembali meretas sejarah awal yang melatarbelakanginya. Di samping itu, kata Indonesia merupakan pengikat yang menduduki fungsi sebagai pemberi keterangan atas subjek yang dimaksud, kaitannya dengan yang ada di sini adalah kata kami, yang memiliki makna segenap pemuda Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan.

@Rya

Related

Lintas Kota 7251270376818080815

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item