Harga Menurun, Pembuat Gula Merah Dari Tebu Resah


Kudus- Sejumlah pekerja pembuat gula merah dari tebu akhir-akhir ini merasa resah lantaran harga jual gula merah tersebut pada tahun ini menurun. Dengan demikian keuntungan yang mereka peroleh juga semakin sedikit. Padahal untuk membuatnya membutukan biaya dan tenaga yang cukup besar.

Proses awal pembuatan dengan cara penggilingan tebu ini membutuhkan waktu yang cukup panjang. Apalagi pada waktu perebusan air tebu yang secara bertahap tahap membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 jam. Waktu tiga hari, barulah bisa didistribusikan kepada pabrik pabrik gula. Menurut salah satu pekerja pembuatan gula merah yang berada di desa Kandangmas Kecamatan Dawe, Muhsin (29) mengatakan bahwa saat ini harga jual gula merah tebu setiap kilonya hanya Rp 6.000 padahal sebelumnya pernah mencapai Rp 8.500. per Kilogram. ''Sekarang harganya menurun, tidak seperti tahun tahun sebelumnya yang pernah meraih keuntungan cukup banyak,''Ujarnya.

Pria yang baru saja menekuni pekerjaan ini, kurang lebih tiga bulan mengaku harga itu memang masih sedikit untung tetapi juga sangat ngepres dengan biaya produksi. Dia mengaku tidak tahu alasan harga jual tahun ini menurun. Dengan 6 tenaga kerja seadanya, usaha pembuatan gula merah yang dimiliki oleh Nur Khasan mengharapkan agar tidak adanya penurunan harga di tahun kedepannya.

@Rya

Related

Peristiwa 8141891008733106255

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item