Kearifan Lokal Sambatan


''Sambatan'' sebuah perilaku pro sosial yang menjadi ciri khas kesatuan bangsa Indonesia terutama yang hidup diperdesaan. Tradisi tersebut diterjemahkan sebagai ungkapan untuk meminta bantuan kepada orang lain semisal berbenah rumah, hajatan atau ketika sedang terkena musibah.

Kontak sosial yang begitu terasa melekat pada setiap warga mampu membentuk semangat gotong-royong yang tinggi tanpa mengharapkan imbalan sedikitpun. Sambatan hadir atas rasa kebersamaan, masing-masing individu untuk meringankan beban yang sedang dipikul. Memang sebuah kearifan lokal yang sampai sekarang masih dilestarikan, meskipun dihadapkan beraneka ragam perbedaan, tetapi mampu menjadi satu rasa dalam kepentingan bersama.

Namun tidak dapat dipungkiri juga, perkembangan zaman yang sekarang dikatakan Globalisasi lambat laun akan menggerus syaraf syaraf manusia yang semula berdasarkan atas rasa suka cita menjadi ''Uangisasi''. Dimana dalam melakukan sesuatu hal akan dinilai secara ekonomis dengan pertimbangan antara untung-rugi. Akankah Kearifan lokal yang seperti akan tergerus oleh perkembangan Globalisasi?

@Rya

Related

Budaya dan Pariwisata 377435643616893537

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item