Guru Sunan Kudus Seorang Ulama Cina



Sunan Kudus atau Ja’far Shodiq mempunyai beberapa guru di antaranya seorang ulama Cina yang bernana The Ling Sing atau Kyai Telingsing.
Banyak versi mengenai sosok Kyai Telingsing. Pertama, disebutkan Kyai Telingsing, seorang ulama dari negeri Cina yang datang ke Pulau Jawa bersama Laksamana Jenderal Cheng Hoo yang beragama Islam.
Jenderal Cheng Hoo dan Kyai Telingsing datang ke Pulau Jawa mengadakan tali persahabatan dan menyebarkan agama Islam melalui perdagangan.
Kyai Telingsing tinggal sebuah daerah subur yang terletak diantara sungai Tangulangin dan Sungai Juwana sebelah Timur.
Saat berada di wilayah itu, Kyai Telingsing bukan hanya mengajarkan agama Islam, melainkan juga mengajarkan kepada para penduduk seni ukir yang indah. Banyak yang datang berguru seni ukir kepada Kiai Telingsing, termasuk Sunan Kudus.
Sedangkan versi kedua, Kyai Telingsing merupakan putra dari Sunan Sungging. Ayah Kyai Telingsing, orang arab yang berdakwah di Cina dan memperistri warga setempat.
Pada saat Telingsing menginjak remaja, ayahnya berwasiat. “Kalau kamu ingin hidup mulia dunia akhirat, ikutlah jejakkku berdakwah Islam.”
Ayahnya pun menganjurkan agar Telingsing muda pergi ke Nusantara, tepatnya di kota Kudus. (Dari berbagai sumber)

Related

Sejarah Kudus 7563655970520129260

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item