Selamat Hari Batik 2 Oktober 2014


Sejarah Hari Batik Nasional ini sendiri pun dimulai pada tahun 2009 dimana UNESCO telah menetapkan jika Batik menjadi budaya resmi dari Bangsa Indonesia, dengan kata lain tak bisa di tiru oleh negara manapun.

Keputusan resmi Unesco merupakan hasil akhir dari upaya keras pemerintah Indonesia menuntut ditetapkan bahwa batik. Hak paten batik meliput corak, cara pembuatan, bahan pewarna maupun jenis kekayaan intelektual lainnya yang masih berkaitan dengan batik.

Proses pembuatan batik yang asli terbuat dari bahan-bahan khusus dan sepenuhnya dilakukan secara manual. Misalnya dari menggambar pola, mewarnai memakai bahan pewarna alami seperti malam, dan alat gambarnya pun menggunakan canting.

Proses pembuatan butuh waktu berhari-hari. Apalagi jika jenis batik tulis, butuh kesabaran dan ketelitian tinggi saat proses mewarnai.

Sedangkan untuk produksi batik massal, menggunakan bantuan plat tembaga, itu pun semua dikerjakan manual tanpa menggunakan mesin.

Untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap batik buatan Indonesia, semua instansi diharapkan memakai batik alias wajib pada saat peringatan hari Batik Nasional ini.


Selain itu, Pemerintah juga diharap agar mampu melindungi dan menjaga kebudayaan sakral khas Indonesia dan jangan sampai di duplikat atau ditiru oleh negara lain.

Sekarang sentra batik nasional tak lagi didominasi oleh Pekalongan, Surakarta dan Jogjakarta saja. Industri batik mulai menyebar di beberapa daerah termasuk di luar jawa sekali pun.

Desain batik modern pun lebih dinamis dari pola sebelumnya. Pasalnya sekarang konsumen batik tak lagi didominasi kalangan tua. Anak muda pun sekarang tak malu lagi mengenakan batik pada cara non formal.



#admin
#sumber web

Related

Lintas Kota 1263839080455893470

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item