Hadapi Pasar Global 2015 Pura Group Bentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Industri Percetakan



KUDUS,02/09 Pura Group bekerja sama dengan Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP) dan BKSP Jawa Tengah membuat Standar Kompetensi Khusus Industri Cetak serta membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Industri Percetakan di perusahaan, demikian dikatakan Iwan Wijaya selaku Manager General Affair Pura Group. Maksud dan tujuan dibentuknya lembaga ini dalam rangka melindungi karyawan menghadapi diberlakukannya Asean Economic Community 2015 dengan membekali dan mengakui kompetensi yang selama ini dimiliki mereka. Diharapkan dengan terbentuknya LSP ini karyawan  dapat lebih berkualitas dan berdaya saing.

Seperti diketahui, data pekerja di Indonesia yang memiliki pendidikan dasar (SD dan SMP) hampir mencapai 60%. Selebihnya adalah SMA dan Sarjana. Akan tetapi di dunia industri kadang dengan pengalaman dan keterampilan yang dimiliki dalam kurun waktu yang lama, seseorang yang pendidikan rendah lebih berkompeten dibidangnya, dibandingkan dengan orang baru yang berpendidikan lebih tinggi. Kompetensi inilah yang akan kita akui  di dunia industri.
Berdasarkan Perpres No.8 tahun 2012 tentang KKNI, dengan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja, penilaian terhadap karyawan tidak berdasarkan pada jenjang pendidikan yang dilalui tetapi melalui jenjang kompetensi yang dikuasai. Penguasaan kompetensi inilah yang diuji melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), kata Iwan WIjaya.

Sementara itu bagian Standarisasi Pura Group, Noor Faiz mengatakan, proses pembentukan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) ini sangat panjang tahapannya. Dimulai dengan penyusunan standar kompetensi industri percetakan, pengesahan standar kompetensi, pelatihan asesor, sampai dengan terbentuknya Lembaga Standarisasi Profesi butuh kurang lebih 2 tahun. Saat ini Pura Group sudah memiliki 12 asesor, sehingga untuk mewujudkan LSP tinggal selangkah lagi.
 Sumber:Humas Pura Barutama

@Rya

Related

Lintas Kota 7645712955155343459

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item