Peranan Saluran Irigasi

Irigasi merupakan prasarana untuk meningkatkan produktifitas persatuan lahan dan persatuan waktu (ha/tahun). Air yang di salurkan kesawah melalui sistem jaringan yang terdiri dari beberapa saluran air dengan bangunan pengendali.

Dengan adanya persediaan air dari bendungan membuat betapa pentingnya peranan irigasi pada tanaman padi. Karena tanaman padi merupakan tanaman yang banyak membutuhkan air, khususnya pada saat tumbuh mereka harus selalu tergenangi air. Disinilah peranan irigasi dalam mensuplay air agar produktivitas padi dapat efektif dalam satu satuan luas lahan. Fungsi irigasi inilah yang merupakan input untuk meningkatkan produksi padi.

Akan tetapi Ketersediaan air irigasi untuk tanaman padi sawah saat ini banyak di pengaruhi oleh beberapa faktor kondisi tanah, jenis tanaman, iklim, topografi, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat. Mengingat begitu pentingnya irigasi maka pembangunan dan rehabilitas jaringan irigasi perlu ditingkatkan untuk memelihara tetap berfungsinya sumber air dan jaringan irigasi bagi pertanian.

@Rya

Related

pertanian 1461909734366722046

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item