Peran Burung Hantu bagi Petani

Burung hantu adalah sering dikaitkan dengan cerita horor, akan tetapi dibalik cerita horor itu burung hantu memiliki peran yang sangat berguna bagi para petani salah satunya adalah pengendalian hama tikus.

Banyak berbagai cara para petani yang dilakukan agar si tikus dapat dibasmi pada umumnya antara lain dengan cara diracuni, dan disengat oleh listrik. Mungkin kebanyakan orang sudah menggunakan cara itu, akan tetapi ada cara lain untuk membasmi hama tikus itu yaitu dengan cara pembasmian tikus dengan burung hantu.

Pembasmian tikus dengan burung hantu sudah banyak dilakukan di Demak, hal ini dilakukan dianggap aman untuk keselamatan. Dalam kehidupan burung hantu tikus menjadi makanan spesifikasi ke sehariannya, burung hantu dewasa mampu memangsa 2 - 5 ekor tikus perharinya. Jika tidak mendapatkan tikus burung ini akan menjelajahi berburunya hingga 12 km dari sarangnya dan mampu mendengarkan suara tikus dari jarak 500 m.

Didaerah lumbung padi Kabupaten Kudus petani jarang menggunakan cara seperti ini terutama di kecamatan undaan, lebih banyak menggunakan racun tikus dan disengat oleh listrik. Manfaat dari pengendalian hama dengan burung hantu adalah faktor keselamatan dan dengan cara ini bisa menjadi cara yang sangat efisien bagi para petani saat tiba musim penanaman padi.

#John/Oemam

Related

Lintas Kota 4082541782797373707

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item