Rakor Pencegahan Jaringan ISIS di Kabupaten Grobogan


Rakor Pencegahan Jaringan ISIS di Kabupaten Grobogan

Grobogan - ISIS (Islamic State In Iraq and Syria) merupakan negara baru yang dideklarasikan oleh Abu Bakar Al - Baghdady, munculnya gerakan ISIS ini menimbulkan sejumlah peperangan persaudaraan seperti halnya Iraq dan Suriah. Berdasarkan sejarah kemunculan ISIS itu sendiri juga dipicu oleh peperangan di Timur Tengah sejak Sadam Husein lengser dari jabatannya, banyak berita yang menyebutkan bahwa rencana ISIS juga berkembang diasia seperti di Indonesia bahkan sudah ada beberapa jaringan yang bergabung dengan ISIS.

Agar Perkembangan jaringan ISIS tidak tumbuh di Indonesia banyak hal yang dilakukan oleh Polri dan TNI untuk mengatasi berkembangnya jaringan ISIS di Indonesia, seperti halnya yang dilakukan oleh Polres dan Kodim 0717 Kabupaten Grobogan. Pada pagi tadi mengadakan Rapat Kordinasi Pencegahan Jaringan ISIS di Kabupaten Grobogan, acara rapat yang di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Grobogan Itjak Baskoro, Kapolres Grobogan, Kodim 0717 Grobogan, serta tokoh - tokoh agama dll. 

Isi dari Rakor Pencegahan Jaringan ISIS di Kabupaten Grobogan antara lain untuk mencegah perkembangan jaringan ISIS yang berada di tengah - tengah masyarakat, hal ini mengupayakan agar ISIS dihilangkan dari Indonesia. Upaya pencegahan itu melibatkan Polsek, Kodim, dll agar jaringan ISIS tidak semakin meluas.

Dari rakor itu ada 2 pemaparan yang disampaikan yang pertama pemaparan dari Kapolres Grobogan dan yang kedua pemaparan dari Kodim pemaparan berisikan pencegahan. Isi pemaparan dari Kapolres antara lain adalah :

- SINERGITAS SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT

- SOSIALISASI BAHAYA RADIKALISME : MASY DI TINGKAT RT, PPK, MASJID, SEKOLAH, KAMPUS, ORMAS DAN POK MASY

- PENGUATAN BERBANGSA DAN BERNEGARA ( PANCASILA, UUD’45, BHINEKA TUNGGAL IKA DAN NKRI )

- HIDUPKAN KEMBALI PRANATA SOSIAL YANG SUDAH ADA

- MENGEDEPANKAN PEMDA KHUSUSNYA KESBANGLINMAS KAB. GROBOGAN UNTUK MELAKUKAN PENDATAAN ORMAS, IGARAS DAN POK RADIKAL LAIN DI KAB. GROBOGAN YANG DIMUNGKINKAN MENDUKUNG ISIS, 

- MENDORONG MUI, FKUB DAN PARA ULAMA UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN BAHAYA FAHAM ISIS MELALUI MEDIA CERAMAH DALAM KEGIATAN AGAMA ISLAM, 

- DINAS PENDIDIKAN MEMBERIKAN PEMAHAMAN TENTANG BAHAYA FAHAM ISIS KEPADA SISWA SEKOLAH, KARENA SASARAN ISIS ANAK MUDA DAN PENGGUNA JARINGAN INTERNET, 

-MEMBERDAYAKAN DEPAG KAB. GROBOGAN UNTUK MENGHIMBAU PADA PONPES YANG ADA DI KAB. GROBOGAN UNTUK MEWASPADAI PERGERAKAN ISIS, KHUSUNYA PARA SANTRI YANG BERKOMUNIKASI DENGAN SANTRI LAIN DARI LUAR DAERAH. 

Sedangkan Pemaparan dari Kodim 0717 adalah :

- Optimalkan Peran Toga, Tomas, Toda dan Ormas terkait keterpengaruhan masy Jateng khususnya Kab. Grobogan thd DIIS/ ISIL / ISIS yg dihembuskan oleh Pok Igaras.

- Manfaatkan Ormas’s Islam yang pro pemerintah untuk meredam bangkitnya Pok Igaras di Indonesia.

- Laksanakan kontra opini melalui spanduk, pamflet, brosur, dll terkait berkembangnya DIIS/ISIL/ISIS di Indonesia.

- Melaksanakan komunikasi dengan instansi terkait/aparat kam bila ada perkemb ISIS di Wil. Kab. Grobogan

#Oemam

Related

Lintas Kota 7827952023646606351

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item