Dibalik Menurunnya Rasa Nasionalisme

Dibalik Menurunnya Rasa Nasionalisme
Upacara bendera diciptakan tentu saja bukan tanpa suatu maksud dan tujuan. Akan tetapi, saat ini kita sudah terlalu sibuk dengan urusan perut ketimbang untuk menelaah makna apa yang sebenarnya tersembunyi di balik kegiatan yang bernama upacara bendera. Terlebih lagi moment pengibaran sang Merah Putih yang merupakan bendera sakral hasil perjuangan dan pengorbanan tanpa memandang kepentingan pribadi.

Bendera Merah putih ini biasanya dikibarkan di depan gedung-gedung sekolah, pemerintahan dan instansi-instansi terkait disetiap hari senin atau hari hari besar Nasional. Tetapi akan terasa berbeda manakala tidak mencerminkan rasa Nasionalisme (Cinta Tanah Air). Karena penghormatan bendera merah putih yang dilakukan selama ini hanya secara faktual belum sampai segi Maknanya.

Cobalah sebentar saja kita mengikuti pengibaran sang merah putih sembari menghayati lagu Indonesia Raya yang mengiringi, sungguh. Rasa nasionalisme itu merasuk perlahan lahan, menyesak dalam tulang rusuk, menggetarkan hati dan jiwa. Betapa selama ini kita telah lupa pada negara kita. Bangsa Indonesia.

@Rya

Related

Inspirasi 2798515998361377681

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item