Musim Panen Kacang Hijau Di Kecamatan Undaan


Musim Panen Kacang Hijau Di Kecamatan Undaan
KUDUS - ISK - (24/08/2014) Petani kacang hijau di sejumlah desa Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus sudah mulai memasuki musim panen. Panen tumbuhan Kacang hijau ini hanya dapat dilakukan jika polong pada setiap tanaman sebagian besar telah kering dan mudah dipecah. Warna polong yang telah kering ada dua macam: hitam dan cokelat.

Polong kacang hijau dipanen dengan cara dipetik. Pemetikan dilakukan ketika tanaman masih berada di lahan penanaman dengan cepat untuk mencegah pecahnya polong di lahan. Oleh karena itu, petani yang bernama Masiran (55) mengatakan,''Apabila keadaan cuaca cukup baik, artinya tidak mendung/hujan, sebaiknya panen dilakukan pada waktu pagi sampai tengah hari tetapi pemanenan jangan dilakukan pada tengah sampai sore hari untuk mencegah polong pecah''Ujarnya. 

Mayoritas seluruh petani yang ada di Kecamatan Undaan memilih menanam Kacang hijau pada musim tanam ketiga ini, lantaran lebih mudah perawatannya dibandingkan kedelai maupun palawija lainnya. Sementara, saat ini harga kacang hijau di pasaran berkisar Rp14.300/Kilogram (Kg)

@Rya

Related

Lintas Kota 558753592344640859

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item