Bercermin Pada Menara Kudus

Bercermin Pada Menara Kudus
Oleh : Erwin Tan

Masjid Menara Kudus (disebut juga dengan Masjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar) adalah sebuah mesjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi atau tahun 956 Hijriah dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama.

Struktur Candi menyiratkan kebudayaan yang masih kental pada masa itu serta detail hiasan dari China ikut memberikan nuansa Silaturahmi antar etnis yang harmonis terjaga.

Atap sirap mengadopsi rumah adat Jawa merupakan perlambang dan harmoni kehidupan pada masa itu.
Memberikan cerminan kearifan budaya serta tingkat toleransi yang tinggi sehingga mampu membangun sebuah filosofi " Gusjigang " yang tak bisa berdiri sendiri dalam membangun perdagangan luas pada saat itu.

Dimensi Ketuhanan yang telah berbaur dengan tatanan sosial kehidupan serta dipadu dengan mata pencaharian yang terbangun dari Hubungan Vertikal,membawa kota Kudus menjadi pusat Pemerintahan setelah kerajaan Demak Bintoro.

Dalam perjalanan waktu Filosofi Menara Kudus dalam memberikan pembelajaran Toleransi dan Ukuwah mampu membawa Kudus menjadi Kota dengan tingkat kemajuan serta memberikan sumbangan interpreneur kepada NKRI hingga mampu menembus pasar Internasional.

Dari bercermin pada kearifan dan nilai toleransi serta Silaturahmi yang tetap menjaga Ukuwah Info Seputar Kudus - ISK memberikan cara pandang kota Kudus dengan jujur dari berbagai sudut yang diharapkan bisa memberikan Cakupan informasi yang mampu memberikan jawaban atas kebutuhan akan informasi yang ada di masyarakat dengan Lugas,Cepat,Akurat dan tetap beretika.

Pesan yang tersirat dalam Kemegahan bangunan Menara Kudus yang mampu memberikan Cara Pandang Muliti Dimensional dalam kehidupan masyarakat Kudus yang Pekerja Keras serta Religius dengan tetap mengedepankan toleransi mengilhami Info Seputar Kudus - ISK menjadi penyaji informasi yang memasyarakat dari berbagai kalangan dan usia secara utuh dengan bahasa ringan agar mudah dipahami sehingga diharapkan mampu memberikan cara pandang yang luas tanpa timbul kesan menggurui.

Trimakasih Untuk Sahabat dan Dulur ISK
Dan Seluruh Citizen Jurnalism yang telah berbagi Informasi
" Bersama Berbagi Informasi "
Kritik dan Saran Sangat Kami Harapkan untuk bisa menyajikan Informasi yang Cepat dan Akurat.

Referensi : Dari Berbagai Sumber
Salam
Redaksi

Related

Inspirasi 8911162996190416029

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item