Nilai Pendidikan Dalam Tradisi Khaul

Upacara tradisi Haul Sunan Kudus mengandung pesan bahwa anak muda sebagai generasi penerus hendaknya dapat menghargai dan menghormati perjuangan-perjuangan para pendahulunya. Jiwa heroisme yang muncul dari cerita asal mula, menjadi tradisi ini selalu diperingati setiap 10 muharrom.

Ada dua nilai yang dapat kita petik dari tradisi khaul yaitu etis dan estetis. Nilai etis, nilai yang bermanfaat bagi masyarakat untuk pembinaan budi pekerti bagi seseorang sehingga akan lebih bijak dalam menapaki kehidupan ke arah positif. Sedangkan nilai estetis merupakan nilai-nilai keindahan yang dapat diperoleh dari bentuk dari upacara tradisi Haul seperti khaul sunan Kudus.

Dalam tradisi islam keindahan di dekatkan dengan Intuisi yang digunakan sebagai sarana utama memahami permasalahan hidupnya. Dengan kekuatan kerohaniannya manusia dapat berhubungan dengan Tuhan dalam mencari jawaban atas persoalan-persoalan kehidupan. Dalam kehidupan terdapat alam gaib yang tidak dapat dicapai oleh indera manusia. Alam ini hanya dapat diselami atau diselidiki dengan kepercayaan manusia kepada Tuhan.

tradisi khaul diharapkan akan menumbuhkan semangat wawasan kebangsaan. Sangat ironis pula jika generasi muda hanya menganggap upacara tradisi Haul sebagai sebuah rutinitas yang diadakan setiap tahun. Untuk itu, kandungan nilai-nilai pendidikan yang dikandungnya perlu diaktualisasikan. Di sadur dari berbagai sumber.

#bagus

Related

Lintas Kota 7324096938250682998

Posting Komentar

emo-but-icon

New

No.Penting

Fb

Twitter

IKLAN

SLIDER IKLAN

MINI IKLAN

Facebook

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

item